Beauty, Skincare

Review Skincare ElFormula Whitening Serum

Sekitar Bulan Desember 2019 kemarin, aku mendapat produk skincare baru untuk dicoba dan direview. Namun karena kesibukan pindahan URL blog dari keinatralala.com ke mirnarahardjo.com dan lainnya akhirnya terpending lama. Sekitar akhir Januari 2020 aku unboxing paket ini di instagram story @mirnarahardjo. Aku langsung coba saat itu juga hingga 2 hari berikutnya, Namun pas mau dipakai lagi di hari ke 3 aku melihat ada jerawat hormonal muncul soalnya ingat sebentar lagi akan haid. Daripada gak maksimal ngerasain efek serum ini, makanya aku pending lagi hingga February dan rutin sampai saat ini. So let me tell you about my experience while using Elformula Whitening Serum.

Mengenal ElFormula

Sebelum mengenal produknya, aku mau kenalin dulu tentang brand ElFormula. Mungkin brand ini masih terdengar asing walaupun berasal dari Korea Selatan. Awalnya aku pun cukup kesulitan untuk mencari tahu tentang produk dari brand ini karena belum masuk di SkinCarisma ataupun CosDNA yan sering kujadikan sumber pencarian ingredient skincare. Itu juga sebenarnya yang menjadi pertimbanganku untuk menunda mencoba produk ini. Namun ada 2 alasan yang membuatku yakin mencobanya. Pertama karena sudah masuk review di situs femaledaily.com dimanya ada yang review kalau pernah dibawain oleh-oleh produk ini dari Korea. Kedua, karena memiliki situs resmi yaitu elformula.com yang bisa digali informasinya. So siapa sih ElFormula itu?

Elemen Formula atau biasa disebut ELFormula, adalah brand skincare yang didirikan pada 2018 di Korea Selatan. ELFormula fokus pada penelitian ingredient skincare dan telah mendirikan ELF Lab®. Laboraturium ini terdiri dari tim research and development (RND) yang berasal dari Amerika Serikat dan Korea Selatan. Brand ElFormula memiliki serangkaian produk skincare seperti serum, masker, cleanser, essence dan, lainnya. Semua produk telah lulus percobaan non-iritasi dari Kementerian Kesehatan Seoul bidang Institut Penelitian Industri Farmasi, dan telah melewati uji agen fluoresen dari SGS internasional dan mendapat akreditasi laboratorium CNAS.

Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Say good bye to your dark skin after 28 days

Serum ini memiliki klaim dapat mencerahkan kulit setelah pemakaian selama 28 hari. Klaimnya mirip-mirip sama exfoliation toner  yang pernah aku coba sebelumnya cuma bedanya satunya “Glowing” dan serum ini “Whitening”. Tapi tentu aku tidak akan serta merta percaya dengan kata Miracle, malah aku cenderung ngeri kalau perubahannya terlalu cepat, yang ada kulitku kaget-kaget gak jelas jadinya. Makanya aku pun menggunakan produk ini sedikit demi sedikit dan hanya aku pakai 1 kali sehari tepatnya di pagi hari. Makanya dari February baru beneran habis 1 botol itu akhir Maret. Sungguh irit kan aku wkwkwk. Yuk mulai review :

Kemasan Unik Serum ElFormula

Kemasan serum ElFormula ini unik karena menggunakan hardboard bewarna putih seperti case eyeshadow gitu lalu didalamnya terdapat 4 botol serum yang masing-masing berisi 10 ml yang ditata dengan sangat elegan dengan busa keras bewarna hitam. Aku sebenarnya agak syok waktu pertama kali membuka kemasan ElFormula ini karena kesannya seperti obat suntik pemutih. Ini lantaran serum dikemas dalam botol kaca berukuran kecil-kecil dengan corong yang seolah seperti injeksi jarum suntik.

Setelah dirakit dengan benar, aku sangat impress dengan Serum ElFormula ini soalnya jadi lebih higienis, aplikator berupa corong itu mengcegah kotoran masuk berbeda jika menggunakan pipet yang ketika diaplikasikan ada jeda waktu buka serum yang memungkinkan kotoran masuk ke dalam produk. Unik banget kan ?

Memiliki Kandungan Active Whitening Agent

Berdasarkan keterangan di kemasan, berikut ingredient ElFormula Whitening Solution :

Aqua, Niacinamide, ButylineGClycol, Threhalose, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccaridhe Gum-1, Zinc PCA, Sodium Hyaluranate, Glycyrrhiz, A Glabar (Licore) Root Extract, Opunitia Dilleni Extract, Centella Asiatica Extract, Pulturaca Oleracea Extract, Ethoxydiglycol, Hydroxyatophenone, Allantoin, Xanthangu m, Disodium Edta, 1,2-Hexanediol.

Karena ElFormula ini belum ada di review SkinCarisma atau cosDNA sebagai referensiku terhadap ingredient sebuah produk skincare, jadinya aku search satu persatu kandungan serum ElFormula ini di https://incidecoder.com/  di website ini kita bisa cari tahu hasil jurnal mengenai sebuat ingredient ya. Nah untuk ElFormula ini emang kandungannya juara-juara banget, ulasannya sebagai berikut ya :

 

Niacinamide, or as us normal people call it vitamin B3, is a real skincare superstar that has had so many studies and has so many skin benefits. they are :

  • Anti-aging, wrinkle-smoothing properties, niacinamide can boost collagen production as well as the production of these three important proteins. That means improved skin structure and fewer wrinkles
  • Skin-lightening properties, niacinamide is a great ingredient to help lightening and hyperpigmentation
  • Barrier repair functions, niacinamide can increase the synthesis of free fatty acids, cholesterol, and ceramides that result in healthier and stronger skin barrier, decreased trans-epidermal water loss and better hydrated skin.
  • Anti-acne properties, niacinamide has sebum regulating and anti-inflammatory properties and a study that used 4% niacinamide for 8 weeks to treat acne found that 82% of those treated showed some improvement.

Tamarind seed gum is a polysaccharide that moisturizes and smoothes the skin. According to manufacturer info, it also improves the skin’s elasticity and leaves an extremely pleasant velvety feeling on the skin.

 Licorice is a great skincare ingredient with significant depigmenting, anti-inflammatory and even some antioxidant properties. Be happy if it’s on the ingredient list.

Centella Asiatica Extract  – or Gotu Kola as normal people call it  – has been used in folk medicine for hundreds of years. It’s traditionally used to improve small wounds, burns, and scratches . It’s also a well known anti-inflammatory agent for eczema.

Portulaca Oleracea is a nice succulent with bright yellow flowers and edible nutritious vegetables. It’s a famous plant in Korean traditional medicine to treat infection and irritated skin.

Serum dengan Tekstur dan Aroma Super Ringan

Serum ini memiliki warna bening sebening air dengan tekstur yang seperti air pula, sebenarnya kalau diperhatikan lebih seksama tekstur ElFormula ini tetap memiliki kekentalan namun tetap saja ketika di taruh di kulit rasanya seolah meleleh jadi cair. Jujur aku belum pernah pakai serum yang seringan ini tekturnya, kayak ga pake serum tapi kayak pake FTE aja gitu.

Untuk aroma memang tidak ada wangi yang terlalu menyengat paling seperti bau asem gitu namun juga tidak memiliki bau obat-obatan juga, jadi aromanya hampir netral gak ada. Di dalam list kandungannya pun memang tidak tercantum perfume sih tapi kalau melihat ada niacinamide biasanya ada aroma gurih-gurih gimana gitu tapi ini beneran netral wanginya.

Pengalaman Menggunakan ElFormula Whitening Solution

Aku menggunakan ElFormula ini awalnya aku tandem dengan sebuah cream yang ga bisa aku sebutkan, nah itu ada sensai tingling alias anget-anget gimana gitu,,, padahal kalau pakai cream doang engga ada reaksi apapun, namun seiring kemalasanku yang oles-oles maka aku cuma pake essence, toner dan serum ini yang semuanya watery based, eh hasilnya bagus banget.

Aku pakai di pagi hari dalam waktu 1 bulan full tanpa jeda,, ga ada sensasi panas, beruntusan, atau kusam, paling jerawat hormonalku masih muncul 2 biji tapi sisanya alhamdulillah aman, noda hitam juga memudar, muka lebih plumpy dan terasa sehat. Untuk lebih cerahnya aku ngerasain setelah minggu ke 3 dimana aku membandingkan foto-fotoku sebelumnya, tapi kesan pertama pemakaian itu lebih menyorot pada hilangnya noda hitam di pipiku bekas jerawat yang sebelum-sebelumnya.

Harganya lumayan ya sekita 290 ribuan untuk 4 botol 10 ml, tapi kalau ngeliat reaksinya yang bagus dan kandungannya penuh bintang begini sih menurutku masih wajar. Mungkin kedepannya harus banyak review yang lebih significant mengenai produk ini, sayang kan produk bagus tapi reviewnya sedikit, tapi ada juga sih yang gak cocok karena aku lagi-lagi kepoin serum ini di berbagai kanal *apasihmir, ya balik lagi prinsip skincare yang tiap orang berbeda-beda hasilnya, aku pun bereksperimen dengan meninggalkan cream dulu dan fokus ke toner dan serum ini hingga akhirnya dapet hasil yang sesuai.

Well aku memang ga nyantumin foto progress, karena kemalasan dan kedodolanku yang suka skip kalau mau testing skincare, apalagi kalo cocok wis pokoknya dipake aja terus,, ini foto terbaruku tanpa makeup bahkan lipstik pun engga, pakai cahaya matahari murni hadap matahari di saat golden hour *apasihmir, pokoknya aku berusaha bare face ya..

 

Info lebih lanjut bisa kepoin websitenya : https://elformula.com/ dan instagramnya : @elformula.id

 

 

 

 

 

 

 

(31) Comments

  1. anti aging, wringkle dan lain-lain hihih buat aku banget ini ya. Botol isi 10ml kira-kira untuk berapa lama ya kalau aku mau cobain?

    1. Mirna Rahardjo says:

      karena aku pakenya pagi doang jadi awet bisa 1 bulan lebih mba,,,,

  2. selalu takjub lihat rangkaian serum perawatan wajah. jujur aku kurang paham karena ga rajin merawat wajah, kudu bertobat nih hihihi

    1. Mirna Rahardjo says:

      gak apa-apa mba orang kan konsennya beda, ada yang getol skincare an ada yang engga, pokoknya dirawat sebisanya aja sambil belajar,,, soalnya kudu komit sih kalo mau pake skincare biar ga sayang beli doang hehehe

  3. aku curiga, abis isolasi pandemi ini Mirna langsung kinclong merona gitu

    (terus punya adek bayi lagi)

    1. Mirna Rahardjo says:

      hahaha aamiin,,, habis ga kemana-mana harusnya makin kinclong,,, ciela ,, aamiin juga bisa postif tespek negatif pendemi,, jiahahha

  4. Kesan pertama waktu lihat kemasannya, wow, ini mah steril banget. Uda kaya produk produk obat/ medis ya Mbak Mir….

    1. Wah ada inceran baru nih, serum yg berniacinamide… Itu empat botol dipake kurleb sebulan ya Mba. Pernah liat jenis2 yg kyk gitu juga, dikemas dlm vial dan kudu abis. Kudu banyak baca2 ulasan skinkeran lagi nih biar magernya ilang.

  5. Banyak ya skincare yang beredar sekarang ada niacinamide nya. Untuk aku yang udah 40 ke atas nih bisa bantu mengatasi kerutan di kulit yaaa…

    1. 1 pak isi 4 botol ini kandungannya sama semua ya mbk?. Packagingnya bagus, steril jadi pasti aman ya.

      1. Mirna Rahardjo says:

        iya mba kandungan dan takaran ditiap botol sama,, bukan yang beda botol beda supaya dipake urutan, ini jenisnya sama aja sih

    2. Banyak banget produk perawatan kulit sekarang ya. Sebagai konsumen kita kudu selektif milih produk perawatan yang cocok dan aman utk kulit. Bukan sekedar mahal ataupun tren.
      Thank you reviewnya mbak, bs jd bhn pertimbangan utk milih produk perawatan kulit yg tepat.

  6. Huaaa pacakgingnya lucu, kesannya wah banget. Dengan harga 290 ribu bisa dipake 2 bulan kali ya kalau isinya 4 botol @ 10 ml gitu. Worth it sih menurutku

    1. Mirna Rahardjo says:

      iya mba bisa 2-3 bulan, lumayan sih,,

  7. Kemasannya so hygiene ya Mbak. LAngsung inget jaman masih kerja di Lab dulu, beberapa bahan kimia di kemas seperti kemasannya skincare elformula ini.

    1. Adriana Dian says:

      wah alamat blog baru niiihhhh. hihi. suka banget sama.packagingnya elformula, simpel dan keliatan lebih higienis saat digunakan yaaaaa

    2. Mirna Rahardjo says:

      oh emang ada ya yang dikemas kayak gini di lab,,, produk ini emang produsennya ELF Laboraturium sih mungkin itu juga jadi alasan packagingnya begini

  8. Aprillia Ekasari says:

    Uhuuuyy di rumah aja makin bersinar eh glowing wajahnya 😀
    Ah bener enakan kyk gtu drpd pakai pipet ya, kdng pipet bingung megang botol sama aplikasikan ke wajah kalau kyk gtu lbh mudah 😀

    1. Mirna Rahardjo says:

      iya kalo pipet itu ada resiko tumpah segala karena pas kita fokus sama pipet untuk apply skincare eh malah kesenggol, pengalaman dulu faceoil aku pake pipet eh tumpah, hehehe

  9. Wah aku baru denger nih nama brandnya
    Kok lucu ya packagingnya.
    harganya so-so lah ya.

  10. Mba iyayah abis pindahan selamat ya mba udah lindahan 😘 btw cuco nih harganya juga masih terjangkau kok mba jadi pengen cobain deh

  11. Kemasannya unik ya, mengingatkan saya pada wadah obat jaman kecil saya dulu. Manfaatnya besar ya Mbak. Jadi pengen nyobain.

  12. Make dikit2 berarti ya. Aku pake serum merk lain sebenarnya cukup. Tapi kalau sekalian bisa ilangin spot trus jadi cerah gini, mau juga

    1. Mirna Rahardjo says:

      cerahnya belakangan mba, yang efek pemakaian berasa banget ya dark spot kalau di kulit aku,, walaupun ini ada campur tangan sama toner ku juga kayaknya,,

  13. hanya dalam 28 hari dan wajah sudah tambah ceraaah ya mba…enak banget! Berarti serumnya cocok yaaa

  14. Aku kayaknya butuh ini supaya makin glowing dan white
    Soalnya lama lama juga kusam ternyata kalau dibiarin

  15. Packagingnya unik banget, tekstur serunya juga bening keliatan ringan itu
    Lihat hasil pemakaian nya mba Mirna kelihatan cerah dan lembab wajah nya. Tapi untuk harga cukup lumayan ya…sebanding mungkin dengan hasil nya

  16. Unyu packagingnya yah, saya suka mupeng setiap baca review tentang skincare hehe. suka ingin nyobain gitu

  17. Aku suka liat packingan kosmetik yang bening begini. Kesannya rapi dan elegan di mataku. Sepertinya layak untuk dicoba nih. Makasih reviewnya, Mbak,

  18. Aku termasuk gak berani coba produk baru Mbak. Soalnya kalau nggak cocok aku langsung jerawatan. Dan itu lama sembuh nya. Hiks…Jadi kalau udah cocok satu , susah gantinya. Kadang pengin sih cobain ini itu. Tapi kulitnya jadi jerawatan.

    Wah tambah bersih ya pakai serum ini. Cocok di kulit Mbak Mirna

  19. Glowing banget mukanya meskipun bare face gitu. Efeknya oke banget nih rangkaian skincarenya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: