Motherhood

Menyiapkan ASI Bernutrisi Sedari Dini dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Beberapa bulan ke depan, aku akan menjadi ibu menyusui lagi. Yup, kehamilan keduaku ini sudah memasuki minggu ke 20. Meski sudah berpengalaman menjadi ibu menyusui namun persiapannya tidak bisa disepelekan. Apalagi aku menjalani kehamilan ditengah pandemi tentu aku pun harus menjaga kondisiku dengan baik. Untuk menjaga kehamilanku sekaligus menyiapkan ASI bernutrisi untuk si kecil, aku menjaga asupan dengan makan makanan bergizi. Sebagai pelengkap, aku juga mengkonsumsi multivatimin untuk ibu hamil dan menyusui dari Blackmores.

Menjalani Kehamilan saat Pandemi

Aku salah satu dari para ibu yang merasakan kehamilan disaat wabah covid19 melanda. Seperti yang sudah kuceritakan di tulisan sebelumnya, aku sudah ikhtiar untuk hamil sejak tahun 2019 namun nyatanya baru membuahkan hasil saat ini, ketika pandemi, hehehe. Perasaan senang dan khawatir itu campur ketika tahu hamil. Selain khawatir karena pandemi, aku pun merasa lebih berhati-hati lantaran pernah keguguran sebelumnya dan beberapa indikasi medis dari dokter, jadi aku lebih proteksi diri saat kehamilan kali ini. Berikut tips dan aktifitasku saat hamil ketika pandemi :

  • Jalankan Protokol Kesehatan
    Mungkin ini sudah sering dikampanyekan bahwa sebaiknya kita dirumah saja, kalaupun keluar rumah harus menjaga kebersihan dan protokol kesehatan seperti menggunakan masker serta face shield bila perlu dan mencuci tangan pakai sabun menggunakan air mengalir atau hand sanitizer. Kondisi hamil membuat semua ini harus dilaksanakan dengan baik supaya kondisi ibu dan janin terjaga dari virus.
  • Konsultasi ke Dokter Kandungan Berkala secara Virtual
    Seperti yang kusinggung, aku termasuk ibu hamil dengan beberapa drama indikasi medis dari dokter. Namun disaat seperti ini tidak disarankan terlalu sering ke fasilitas kesehatan, apalagi kalau rumah sakit yang biasa dibuat periksa bukan khusus ibu dan anak jadinya konsultasi virtual melalui sms atau WA menjadi perlu. Saranku cari dokter yang bisa diajak telemedicine supaya mudah konsultasi jika merasakan sesuatu. Untungnya dokter kandunganku, dokter Yuditiya sudah terbiasa membuka konsultasi via SMS dan WA. Bahkan jumlah obatku pun dilebihkan dari yang biasanya akan habis 30 hari menjadi 45 hari supaya tidak sering tatap muka.
  • Stress Release dan Berdoa
    Disaat seperti ini, beberapa kabar berita maupun melihat kondisi sekitar ampuh bikin cemas. Belum lagi harus di rumah saja bisa saja menimbulkan rasa bosan. Jika semua datang secara bersamaan bisa tidak dipungkiri aku akan stress, kalau sudah stress aku suka kontraksi. Untuk itu aku perlu release stress dengan melakukan hobi dan tentunya berdoa. Stress memang tidak dapat dihindari, tapi harus dirilis supaya kembali positif.
  • Menjaga Asupan Makanan
    Apa itu ngidam???? Yup disaat seperti ini, aku tidak bisa lagi egois mementingkan keinginan makan makanan tertentu. Aku selektif dengan asupan yang aku makan. Kalau dulu bisa saja membeli makanan tapi sekarang harus berfikir mengenai kebersihannya. Nah jadinya aku memilih masak makanan sendiri, kalaupun beli harus yang memenuhi gizi dan terjaga kebersihannya supaya tidak sembarangan. Aku juga minum multivitamin Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk tambahan nutrisi.
  • Imbangi Aktifitas dan Istrirahat yang Cukup
    Sebagai ibu bekerja, work from home itu ternyata lebih melelahkan. LOL. Ketika bekerja sambil mengasuh anak ditengah kondisi hamil itu suatu pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Jadi aku harus bisa menyeimbangkan aktfitas dan istirahat yang cukup. Tapi mencoba olahraga juga tidak ada salahnya seperti jalan kaki disekitar rumah juga bisa menjaga kondisi tubuh tetap fit tapi ya itu tadi kudu seimbang ya, kalau lelah istirahat.

Persiapan Menyusui Anak Kedua

Menurutku, ASI merupakan rejeki yang bisa diusahakan. Yup, ASI itu kan hasil proses dari dalam tubuh sehingga bisa dikatakan rejeki-rejekian tapi masih bisa diusahakan. Berdasarkan pengalamanku menyusui anak pertama yang sempat dibuat kaget dan trauma walaupun berakhir bahagia. Ada beberapa persiapan yang mulai kulakukan sedari dini :

  • Rajin Membersihkan Puting
    Aku sempat merasakan gimana rasanya puting lecet saat pertama kali menyusui. Itu sungguh membuat drama dan trauma ketika akan menyusui si kecil. Ternyata aku lalai tidak menyiapkan puting dengan baik yaitu dengan cara membersihkan dan memijatnya dengan minyak zaitun serta lap kasar supaya puting terbiasa karena ternyata gusi bayi itu cukup keras dan kasar. Tapi untung mencegah lecet juga dengan belajar peletakan bayi ketika menyusui.
  • Manajemen ASIP
    ASI itu supply dan demand jadi alangkah lebih baiknya sering dikeluarkan supaya bisa memproduksinya lagi. Jadi kalau saat pertama aku lalai tidak melakukan pumping atau direct feeding 2 jam sekali membuat aku kelabakan disaat akan masuk kerja. Jadi aku menyiapakan penjadwalan menyusui dan pumping untuk persiapan menyusui ketika kembali bekerja di kantor.
  • Mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
    Diproses menyusui sebelumnya, aku menghabiskan 2 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Aku agak telat sih konsumsinya saat sudah melahirkan padahal bisa dipakai saat hamil juga. Dan berdasarkan saran dari teman dan dokter memang si Blackmores ini lebih nampol efeknya ketika menyusui kalau dikonsumsi sejak hamil.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Blackmores merupakan brand suplemen kesehatan yang terkenal di Australia, salah satu produknya yang populer adalah Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Saat ini produk Blackmores dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia melalui Kalbe Blackmores Nutrition yang merupakan join venture antara PT Kalbe Farma Tbk dengan Blackmores Ltd Australia. Hal ini merupakan langkah baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui di Indonesia.

Apasih keunggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold?

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold terdiri dari 17 nutrisi esensial yang bisa menjaga kesehatan ibu hamil, membantu perkembangan janin dan membuat ASI bernutrisi. ASI bernutrisi bisa dilihat dari ASI kental berwarna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain itu ada 5 keunggulan :

  • Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia
  • Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit
  • Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
  • Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui

Untuk Komposisi selengkapnya sebagai berikut :

Asam folat 200 µg, Kalium iodide 98 µg (Iodium 75 µg), Fish oil 500 mg mengandung 165 mg Omega-3 (DHA 125 mg + EPA 25 mg), Fe (II) fumarate 15.7 mg (Zat besi 5 mg), Niasin 7.5 mg, Vitamin C 30 mg, Kalsium karbonat 300 mg (Kalsium 120 mg), Zinc sulfat 20.8 mg (Zinc 7.5 mg), Magnesium oksida 49.8 mg (Magnesium 30 mg), Thiamine nitrate 500 µg (Vitamin B1 405 µg), Riboflavin (Vit B2 750 µg), Pyridoxine HCl (Vit B6 750  µg), Vit B12 1.5 µg, d-alpha tocopherol (natural Vit E 5.21 IU), Dunaliella salina cell extract soft concentrate 72 mg

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dikemas dalam sediaan kapsul selaput halus berwarna coklat yang nyaman ketika diminum. Meski memiliki komposisi esesnsial oil yang banyak namun kapsulnya tidak berbau amis. Blackmores PBFG tersedia dalam 60 kapsul, 120 kapsul, dan 180 kapsul yang bisa dibeli di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.

Word Breasfeeding Week

Dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020, Kalbe Blackmores Nutrition melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media @blackmoresid seputar ASI dan Menyusui, untuk meningkatkan awareness Ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati, karena Blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu baginya.

Berkomitmen dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui, dan memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati, Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua.

Melihat dukungan Kalbe Blackmores Nutrition kepada kesehatan para ibu di Indonesia, aku merasa dengan membeli produk Blackmores juga membantu untuk pemenugan gizi ibu hamil dan menyusui lainnya yang disalurkan melalui Klinik Bumi Sehat. Seperti simbiosis mutualisme gitu, saling memberi manfaat. So yuk penuhi asupan demi memenuhi ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. 

(23) Comments

  1. Blackmores nutrisinya lengkap ya.
    Cocok buat busui, biar ASInya padat gizi.
    Kan ASI hak anak yang wajib diberikan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

  2. Selain makan makanan yang bergizi, bumil juga harus konsumsi vitamin. Seperti Blackmores. Sehat selalu ya mbkkk, semoga persalinannya lancar, aamiin

  3. Btw, aku dulu juga syusyaahh bgt awal2 meng-ASI-hi bayi. Macem2 deh, mulai dari bingung puting, ASI ga lancar, dll dsb. Hamdalah ada Blackmores yg bisa jadi Super-Duper-Hero buat bumil busui yaaak

    Semangaaatt, semuanyaaaa 😀

  4. dietadeufi says:

    ASI memang sudah hrs diperaiapkan dr masa hamil ya sebagai nutrisi bagi baby. Dulu waktu anak2ku juga gitu. Cuma sayang aja dulu saya blm kenal blackmore. Kalau sudah tau dr dulu pasti nutrisi anak2 saya makin bagus lagi ya.

  5. Semoga kehamilannya lancar…hingga persalinan, Ibu dan baby sehat semua hingga nanti dan seterusnya. Aamiin. Semangat ya…
    Saya setuju Mbak, , ASI merupakan rejeki yang bisa diusahakan diantaranya dengan mencukupi nutrisi sedari dini dengan tabahn supleen dari Blackmores ini

  6. Blackmores memang bisa diandalkan untuk mempersiapkan nutrisi Ibu dan bayi melalui ASI. Semoga lancar kehamilannya dan tetap sehat dengan mengonsumsi Blackmores 🙂

    1. Ehh aku baru tau kamu hamil lagi Mir 🙂
      Udah berapa purnama ya kita gak ketemu? :d
      Sehat² yaaa… Ayo berjuang lagi, melahirkan lagi, menyusui lagi, mulai dr 0 yaa hihii..

  7. Selamat menyambut kehadiran baby kedua ya mbak 🙂
    Mudah-mudahan semuanya lancar, termasuk menyusui yang sudah dipersiapkan sedari sekarang 🙂

  8. Lengkap ya nutrisi di Blackmores. Saya pun setuju. Kalau untuk memberikan ASI berkualitas memang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan

  9. Senangnya yang sedang menanti kelahiran anak kedua, semoga sehat semua ya. Dan pasti senang juga bumil sekarang ini disuport dengan produk yang nutrisinya bagus untuk ASI seperti Blackmores

  10. mbaaa selamat atas kehamilannya yaaaa… aku juga konsumsi blackmores ini tapi bukan yang untuk pregnancy, sejauh ini cukup ngefek karena badanku jadi lebih fit dan nggak gampang sakit heheh

  11. Wah sudah hamil lagi ternyata, selamat ya. Meskipun hamil di masa pandemi ini yg penting sehat untuk ibu dan baby nya.

    Nah bener banget namanya ASI itu anugrah dan bisa diusahakan, salah satunya dengan minum blackmores yang memiliki banyak kandungan utk ibu hamil

  12. Menyusui adalah priceless moment yang sangat penting untuk ibu dan anak. Maka ketersediaan ASI yang cukup benar-benar harus diperjuangkan

  13. Jadi ingat waktu zamannya hamil dulu, mempersiapkan ASI dengan memakan berbagai macam sayuran.
    Kalau sekarang lebih mudah ya, dengan blackmores bisa menyiapkan asi bernutrisi sejak masih hamil

  14. Aku percaya sama produk Blackmores ini, Mbak. aku pakai yang vitamin C soalnya. Benar-benar ada efeknya buat jaga kesehatan tubuhku, Sehat-sehat terus ya, Mbak.

  15. Dengan Blackmores, asupan ASI bernutrisi buat si kecil jadi terpenuhi ya, Mbak. Semoga sehat selalu ya Mbak, dedenya juga sehattt aamiin…

  16. sehat-sehat ya mba Mirna. memang di masa menyusui ini butuh banget nutrisi yg optimal dan didapat dari Blackmores!

  17. Selamat memasuki masa menyusui lagi ya Mir. Semoga dimudahkan semuanya.

  18. Aku mau stok blacmores ah tar kalau ada tanda-tanda aku hamil eheheh, doain ya mba Mir biar bisa nyusul. Bumil dan busui nggak boleh stres kalau ada ini tambah maksimal merawat anaknya

  19. Adriana Dian says:

    waaaah mak mirna lagi hamil anak kedua? sehat sehat terus ya mak mirnaaaa, semoga lancar sampe.persalinan nanti yaaa.. aamiin. blackmores emang ga perlu diragukan lagi kualitasnya sebagai vitamin bumil dan busui yaaaa

  20. niaharyanto says:

    Meski bukan bumil dan busui, aku senang deh banyak review bagus tentang Blackmores ini. Soalnya pernah merasakan gimana susahnya menyusui anak. 4x pula. Semoga semakin banyak yang mendapat manfaatnya 👌

  21. Ya Allah…sehat-sehat terus bumil dan calon dede bayinyaa…
    Senang ada Blackmores yang mendukung masa-masa kehamilan hingga menyusui.

  22. Benar sekali mba, ASI tuh bisa diusahakan. Salah satu ikhtiar untuk melancarkan ASI adalah menjaga keseimbangan gizi dan kesehatan mental. Jangan lupa kalau ada suplemen busui seperti Blackmores gini sebaiknya dikonsumsi secara teratur ya. Selamat mengASIhi ya mba, sehat selalu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: