Food

Sarapan Sempurna di Bulan Bahagia Bersama Frisian Flag

Sabtu(27/2) kemarin kebetulan dapet undangan blogger gathering dari Frisian Flag melalui Kumpulan Emak2 Blogger. Acara tersebut berlangsung di Rumah Alexandra Kemang ini memiliki tema utama yaitu Menyambut Sarapan Sempurna. Aku agak bingung awalnya apa yang dimaksud dengan sarapan sempurna? Soalnya aku adalah orang yang maleeeeessss *ih panjang banget yak* pake banget kalo sarapan. Kayaknya gimanaaa gitu pagi-pagi makan, gak biasa. Namun setelah nikah semuanya berubah, kebiasaan suami sarapan tiap pagi mau ga mau bukin aku ikutan sarapan dong.

Well, balik ke cerita acara blogger gathering, Acara tersebut dimulai jam 9 tapi aku sendiri sudah sampai di tempat setengah jam sebelumnya jadi masih sepi, panitia mempersilahkan untuk makan snack dulu semacem coffee break gitu. Tapi gak lama satu per satu blogger yang diundang datang. Oh ya panitia juga menyediakan play ground untuk anak-anak yang dijaga mbak-mbak cantik alias SPG yang mengawasi. So bagi emak2 blogger yang bawa anak bisa lebih tenang membawa anak karena dititipkan di play ground .

Acara dibuka heboh dengan MC yang bikin suasana happy, tapi setelah say hi ke kita para blogger eh tiba-tiba kita disuguhi sarapan W.O.W belum apa-apa udah dikasih makan aja hahaha… Menunya nasi goreng special pake telor nuget dan sosis… Alhamdulillah.. Mari Sarapan ^_^

 

Nasi Goreng Komplit Rasa Ciamik ^_^
Susu Saya.. Susu Frisian Flag

Setelah selesai sarapan barulah acara benar-benar dimulai, Mrs Ramjeet Kaur Virik sebagai perwakilan dari Frisian Flag memberi sambutan kepada kami para blogger. Beliau menjelaskan maksud dan tujuan acara ini, selain itu Mrs Ramjeet juga menceritakan bagaiamana keluarganya biasa menghabiskan waktu sarapan.

Opening Speech by Mrs Ramjeet

Dan muncullah satu persatu pengisi acara yang hadir dalam blogger gathering menyambut Bulan Sarapan Sempurna yang dilanjutkan dengan melakukan Milk toast bersama dengan mereka.

Milk Toast

Sesi pertama diisi oleh DR. dr. Samuel Oetoro, MS.Sp.Gk yang merupakan Specialis Gizi Klinis dan dr. Rulli A. Situmorang, Medical Affairs & Compliance Manager Frisian Flag Indonesia. Dalam penjelasannya Dokter Sam mengulas pentingnya sarapan sempurna dengan metode 4 J yaitu Jumlah asupan makanan, Jadwal makan yang benar, Jenis makanan yang tepat, dan Jurus masak atau cara masak yang benar. Karena pada saat malam ketika tidur, metabolisme tetap bekerja untuk menggerakkan orang tubuh seperti otak dan jantung. Oleh karena itu glukosa dalam tubuh menurun sehingga diperlukan sarapan sempurna untuk mengembalikan asupan makanan yang hilang ketika tidur.

Kiri Dokter Sam, Kanan Dokter Rulli
Sarapan Sehat & Sepurna dengan 4 J

Sesi kedua diisi oleh para perempuan yaitu Mrs Ramjeet Kaur Virik sebagai Frisian Flag Representative, Roslina Verauli sebagai Psikolog Keluarga,  Fenita Ari & Keluarga, serta Chichi dari perwakilan Blogger. Banyak cerita dari para wanita ini. Seperti cerita Fenita tentang gimana cara anaknya supaya mau makan sayur dan kisah rempongnya kalo nyiapin sarapan dan lainnya, baginya sarapan adalah momen untuk kumpul keluarga masa kini karena sebaga orang tua yang sama-sama bekerja susah jika berkumpul pada saat makan malam karena kena macet atau pekerjaan yang belum selesai oleh karenanya sarapan menjadi momen penting dalam mengawali aktifitas sehari-hari.

Mba Fenita Arie sharing tentang sarapan pagi bersama suami dan buah hati

Roslina Verauli sebagai Psikolog Keluarga juga menjelaskan pentingnya kedekatan dengan keluarga saat sarapan. Sehingga sarapan bukan sekedar makan dipagi hari tapi juga sebagai asupan semangat pagi karena bisa makan bersama dengan keluarga, ada interaksi dengan orang-orang terdekat sehingga kita semakin bersemangat. Beliau juga memberi contoh yang mudah.. Kebetulan aku sendiri disuruh maju tiba-tiba, aku diminta joget 5 lillte monkey sedangkan Ibu Rosline yang menyanyi sedangkan para blogger lainnya cuma nonton.. Alhasil aku gelagapan dong bingung cuma bisa nyengir doang hahaha.. Lalu dibalik jadi kita semua ikutan nyanyo dan joget 5 little monkey bersama. Pesannya apa?? jadi kalau sebagai orang tua yang cuma bisa nyuruh sarapan tapi tidak ikut sarapan juga, anak akan tertekan, beda jika dilakukan bersama, anak akan lebih senang.

Aku cuma bisa nyengir… Credit foto by Mak Tanti

Mrs Ramjeet juga menceritakan bagaimana dia sarapan bersama keluarga, menurut dia dengan makan dengan keluarga emosinya akan lebih terkontrol. Dalam sesi ini juga diputarkan video yang bikin kita semuanya sadar pentingnya sarapan sempurna dengan keluarga. Sarapan sempurna bukan hanya menu yang 4 sehat 5 sempurna dengan susu frisian flag tapi juga dengan keluarga sehingga itulah yang membuat sarapan sempurna. Jujur waktu lihat videonya jadi inget suami dirumah.. Yah meskipun kita cuma tinggal berdua tapi kita jarang banget sarapan berdua. Gimana nanti kalo ada anak, akuharus membiasakan sarapan bersama mulai sekarang. Videonya bener masuk in the deep of my heart.. *halah hehehe

Setelah mengharu biru *halah… acara selanjutnya adalah games yang dipandu oleh dr Rulli. Gamesnya mudah yaitu menyusun menu sarapan sempurna dengan jumlah kalori yang pas. Seperti yang jelaskan dr Rulli saat sesi pertama, kalori yang poas untuk sarapan adalah 20% dari jumlah kalori yang harus diisi dalam sehari. Jika orang dewasa membutuhkan 2000kalori dalam sehari artinya dia perlu 400 kalori ketika sarapan. Beruntungnya, timku menang juara pertama pada games ini dan mendapatkan hadiah juicer.. Yeeee. oh ya selain games ini ada juga lomba foto selfi pada saat acara dengan hadiah utama microwave… Wah benar-benar acara yang banyak ilmu dan banyak hadiah.. Pulangnya juga semua peserta dapat bingkisan cantik dari Frisian Flag.. Alhamdulillah senangnya..

Dr Rulli sedang menghitung Kalori.
Foto Bareng Emak2Blogger ^_^. Banyak kan hadiahnya ^_^

Keesokan harinya aku langsung deh mempraktikkan ilmu yang sudah kudapat saat gathering tapi masih gagal soalnya aku sama suami bangunnya kesiangan alhasil kita sarapan jam 10 pagi, lewat dari jadwal sarapan yang baik dari penjelasan dokter Sam. Tapi tak apalah yang penting bisa sarapan bersama dengan menu 4 sehat 5 sempurna, pakai susu frisian flag coklat ^_^ Yippiii…

Nah, Bulan Sarapan Sempurna berlangsung dari tanggal 1 hingga 31 Maret. Aku pun ikut meramaikan dengan siap siaga *halah.. menyiapkan sarapan untuk suami tercinta… Dulu sarapan selalu kita jadiin bekal yang dimakan terpisah di kantor masing-masing, palingan suami suka foto makanannya terus bilang terima kasih…. Tapi mulai sekarang harus berubah, saya dan suami masih sempat sarapan dengan nyeruput susu hangat, pas banget pagi itu lagi hujan. Dan tumben-tumbenan suami yang nyiapin susu tanpa disuruh ^_^…

Sarapan jaman dulu, cuma bisa saling foto bekal aja
Sarapan masa kini, minum susu sama suami

Sambil minum susu dia bilang “Selamat ya kamu habis dapet piagam”, langsung aku jawab “piagam apa? wong aku lagi ga ikut lomba ko”, “Aku habis liat di WA kamu, ada tuh piagam buat kamu” sahutnya. Lantas aku langsung cek handphone dan buka WA… Hemm speachless hahahah… suami bikinin ucapan selamat ulang tahun ^_^

Aduh jadi malu tapi mau sih hehehe… Untuk itu di hari kedua aku perbaiki sistem sarapannya. Kali ini benar-benar sarapan bersama di rumah.. Ternyata masih sempat ko, tetap bisa berangkat pagi.. Alhamdulillah ya kaizen.. perubahan bertahap menuju Sarapan Sempurna  ^_^

Bulan sarapan sempurna yang jatuh di bulan Maret ini adalah bulan bahagia bagi kami. Pasalnya di bulan ini saya dan suami ulang tahun. Saya 1 Maret sedangkan Suami 13 Maret.. ^_^ Makanya bisa  Sarapan sempurna di bulan bahagia itu berkah yang luar biasa.. Syukur-syukur kalau salah satu foto sarapan kami bisa menang di lomba sarapan sempurna yang diadakan Frisian Flag hehehe.. Aamiin..

Mari Sarapan Sempurna Setiap Hari… Sarapan Sempurna, Bekal Semangat Pagimu!

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabrrakatu

Leave a Reply

%d bloggers like this: