Skincare

Review Obat Totol Jerawat Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment

Hai cantik, apa kabar? Gimana rasanya di rumah aja ga bisa ke klinik kecantikan, ga bisa cobain tester skincare atau make up, ga bisa treatment spa dan apapun itu yang biasanya dilakukan para beauty enthusiast untuk mengeksplor sesuatu. Ya gimana lagi kan beb, kan kondisinya emang lagi pandemi jadi kudu sabar deh. Pas banget pula aku mengalami jerawat hormonal super parah, bahkan menurutku ini lebih parah daripada jaman puber dulu. Yup jerawat karena hormonal kehamilan, terlepas mungkin emang kulitku lagi kurang oke, kurang bersih dan gak sehat tapi emang sih kalo ditelusuri lagi balik ke hormon aku yang lagi ga stabil. So aku memutuskan untuk beli obat totol jerawat demi menyelamatkan kulit wajahku yang amburadul.

Sekilas Tentang Jerawatku

Tipe jerawatku berdasarkan bentuknya itu masuk ke jerawat papula dan pustula, karena emang gak seragam jerawat yang muncul di wajahku . Buat yang belum tahu tentang 2 jenis jerawat ini mungkin bisa aku deskripsikan sedikit ya. Untuk jerawat papula itu bentuknya benjolan kemerahan yang cukup besar seperti bengkak sedangkan pastula bentuknya sama namun ditambahi dengan adanya cairan putih di ujung jerawat, lama kelamaan putihnya akan mengeras pertanda jerawat matang dan bisa dengan mudah dikeluarkan bagian putihnya tersebut. Sensasinya sama, kalo lagi meradang muka jadi berasa sakit habis digampar, kalo kata orang jawa agak “kemeng“.

Biasanya aku membiarkan jerawatku sembuh dengan sendirinya soalnya aku cuma perlu rajin bersihin muka dan rajinin pakai skincare biasa aja. Soalnya kemunculannya cuma 1-3 saja, itu pun jarang dan tidak bertambah setelahnya. Berbeda dengan kondisi saat ini dimana jerawatku bisa muncul 3 sekaligus, lalu muncul lagi dan lagi. Sedih, sakit, dan gak nyaman rasanya. Akhirnya aku sadar kalau perlu obat totol jerawat supaya bisa fokus menyembuhkan jerawat tersebut. Tapi kebanyakan obat totol jerawat di luaran memiliki kandungan yang kurang aman dipakai oleh ibu hamil. Namun setelah melakukan riset dan pencarian *ciela, akhirnya aku menemukan obat totol jerawat yang aman untuk ibu hamil yaitu Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment. 

Review Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment

Sebelum lebih jauh, aku mau menjelaskan bahwa produk-produk Sensatia Botanicals ini memang merupakan produk skincare vegan yang diproduksi di Bali Indonesia. Aku pribadi sudah pernah mencoba beberapa produknya semenjak hamil pertama yang pernah kutulis di postingan “Skincare Selama Hamil dan Menyusui”. Namun aku belum pernah melakukan review secara detail mengenai produk Sensatia Botanicals yang aku pakai. Nah untuk produk Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment ini sendiri sebelumnya lebih dikenal dengan nama Sensatia Botanicals Acne Spot Treatment jadi buat pengguna lama Sensatia Botanica mungkin akan lebih mengenal yang acne spot treatment karena review di forum Female Daily pun masih menggunakan nama produk yang lama.

*NB : Entah kenapa si Sensatia Botanicals ini memang suka mengganti nama, ingredient dan kemasan produknya dalam jangka waktu yang tidak lama. Soalnya aku sendiri juga 2 kali purchase charcoal masknya udah beda kemasan dan yang ke 3 ini malah beda ingredient juga, kapan-kapan aku review deh produk ini kalo ga berubah lagi. LOL

Well, sepertinya aku terlalu panjang cerita deh, langsung aja ke reviewnya :

Klaim

Atasi jerawat membandel dengan salep ringan yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat ini. Menutrisi dan non-comedogenic, Tea Tree & Lemon Spot Treatment merawat kulit berjerawat tanpa menutup pori-pori. Campuran menyegarkan dari minyak tea tree dan peppermint menghasilkan kulit yang terlihat bersih secara alami.

Cocok untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Cocok untuk Vegetarian dan Vegan. Tidak Melalui Uji Coba terhadap Hewan. Tanpa Bahan yang Membahayakan Eksistensi Terumbu Karang. Tersertifikasi Halal.

Klaim diambil dari website official Sensatia Botanica dan Official Store mereka di Shopee. Namun untuk klaim halal dan tanpa melalui uji coba hewan sudah ada di kemasan produk.

Kemasan dan Aplikator

Produk dikemas dalam box khas sensatia botanica dengan warna hijau putih dimana kardus tersebut berisi informasi produk yang sangat dan super lengkap menurutku. Mulai klaim produk, komposisi, cara pakai, logo MUI dan logo-logo lain, serta scan barcode untuk keaslian produk. Menurutku ini perlu diapresiasi tinggi mengingat sebagai produk lokal namun memiliki standar kemasan yang sangat baik.

Untuk kemasan produknya sendiri berbentuk tube terbuat dari platstik berlapiskan alumunium voil untuk melindungi kandungan produk yang dilengkapi aplikator runcing sehing memudahkan ketika pemakaian dan menggunakan tutup putar sehingga tidak mudah bocor. Kemasannya lumayan kaku dan susah digeser produknya jadinya, beda kayak pasta gigi gitu jadi butuh effort kalau mau menghabiskan produk supaya tidak menyisa di ujung pada akhirnya.

Kandungan

Bahan Utama:
Minyak tea tree merupakan antibakteri alami dan dapat merawat kulit berjerawat. Minyak peppermint memiliki efek yang dingin pada kulit. Minyak lemon membantu menarik kotoran dan meratakan warna kulit.

Detail Bahan :

Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Euphorbia Cerifera Cera, Glycerin (Vegetable), Argania Spinosa Kernel Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Tocopherol (Vitamin E), *Limonene, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil, Mentha Piperita (Peppermint) Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Extract, *Citral, *Linalool. *Occurs naturally in essential oils. POM NA18190123980

Analisa Bahan berdasarkan SkinCarisma

Tekstur & Aroma

Teksturnya super kental sih jadi pas produk diaplikasikan langsung terlihat, warnanya putih kuning keruh dan memiliki aroma yang cukup menyengat dan kuat seperti pasta gigi yang aku pakai, LOL…. Aromanya mint lemon gitu. Segar-segar tapi hangat gimana gitu jadinya.

Cara Pakai

Sesuai yang tertulis dikemasan bagian kemasan yaitu, “Oleskan pada area bermasalah 1-2 kali sehari. Jika terlihat gejala kulit yang mengering dan mengelupas, kurangi pemakaian.” Namun kalau aku pribadi biasanya langsung dari aplikator ke spot jerawat yang ingin disembuhkan supaya lebih steril karena jerawat kan agak sensitif jadi sebisa mungkin jangan sampai terlalu sering terpegang tangan.

Kesimpulan Pemakaian Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment

Aku pakai produk ini sejak masuk kehamilan trimester kedua, soalnya udah gemes banget ngeliat muka sendri yang ampun banget ancurnya dipenuhi jerawat. Apalagi jerawatnya bikin gak nyaman berasa habis “digampar”. Dari situ aku bisa ngasih beberapa kesimpulan review selama pemakaian produk ini, yaitu :

  • Pertama kali pakai aku berasa memakai pasta gigi di wajah soalnya mulai dari aroma dan sensasinya mirip
  • Agak terasa lengket-lengket gimana gitu karena kan teksturnya gel super kental jadi saran aku pakainya di malam hari aja dan lagi butuh waktu lama hingga gel benar-benar meresap ke kulit
  • Berdasarkan step pemakaian aku pakainya di rangkaian paling akhir, jadi kalau kamu pake pelembab ya pakai dulu baru deh baru dikasih obat totol ini di area jerawat aja
  • Obat totol jerawat ini tidak mencegah munculnya jerawat ya jadi kalau jerawatan lagi yauda muncul deh cuma ga ditempat yang sama, makanya harus sabar.
  • Masa dari jerawat muncul hingga sembuh lebih cepat, maksimal 3 hari udah kempes dan mulai menghilang walau tidak sepenuhnya hilang seperti kulit normal, perlu waktu lagi dan mungkin perlu skincare lain ya.
  • Overall, aku puas banget sih dan aman semuanya, kulit dan janin baik-baik aja selama pemakaian obat totol jerawat dari sensatia botanicals ini karena ya kan emang vegan skincare . Kalau sudah tidak ada jerawat yang muncul artinya penggunaan bisa dihentikan.

Well untuk pembelian bisa langsung di web atau official store mereka di beberapa e-commerce. Harganya 110 ribu untuk 20 ml. So semoga review ini bermanfaat ya buat para bumil busui yang sedang berjibaku dengan jerawat hormonal. Thank you for reading !

 

(25) Comments

  1. Nurul Sufitri says:

    Wah, pas bener nih aku lagi kepoin totol jerawat. Kulitku kan sensitif banget. Udah dipakein obat jerawat tapi masih ada dan berbekas. Ini kandungannya alami gitu ya, bikin cekit2 ga pas dioleskan?

    1. Mirna Rahardjo says:

      iya mba ini alami tapi hasilnya nampol kayak bahan kimia di luaran, pas diolesin lebih ke anget aja sih ga sampe cekit-cekit atau tingling,,, ya kayak kita sikat gigi aja coba hehehe, soalnya mirip gitu

  2. Jadi dapet rekomendasi obat totol yg aman nih, biasanya aku juga lebih sering ngediemin doang tapi semenjak pandemi ini ga tahan euy, baru satu sembuh eh nongol lagi

  3. totol jerawat ini emang efektif ya buat nenangin jerawat yang baru tumbuh, apalagi jerawat hormonal

  4. Saya tuh suka gregetan kalau ada jerawat. Tangan susah diajak diem. Tetapi, selama ini gak masalah.

    Eh, akhirnya ketemu jerawat yang membandel. Memang cuma 1 tapi susah ilangnya. Harus pakai ini kayaknya

  5. Yeay, cocok buat bumil obat jerawatnya yaa. Huhu ngebayanginn yang jerawatan katanya sakit dan menggemaskan ya. Soalnya aku jarang banget, bisa setahun sekali bahkan lebih.
    BIsa nyetok nih produknya.

  6. Sejujurnya sih aku jarang jerawatan…Tapi sejak selalu pakai masker pernah beberapa kali muncul jerawat jadinya….

    Pengen coba ah ini produknya…Apalagi kandungan tea tree memang sering dipakai produk-produk untuk mengurangi jerawat

  7. Baru tahu produk Sensatia Botanicals ini. Mungkin karena memang jarang jerawatan kali ya. Jadi gak terlalu ngeh soal produk kaya gini. Pas lagi jerawatan tuh pengennya pencet-pencet, tapi sadar bahwa itu gak boleh. Jadi kudu tetap jaga wajah biar bersih

  8. Bagi yang berjerawat ini kayaknya harus cobain deh. Bagus nih dan bisa bikin pede juga karena jerawatnya hilang

    1. Rachmanita Adindarara says:

      Adanya obat totol jerawat ini sangat membantu banget ya apalagi aku juga termasuk kadang kalau lagi mens itu aku jerawatan

  9. Boleh nih botanicals tea tree lemon jadi pilihan buat ngobatin wajahku yang kadang ada jerawatnya. Kadang jerawat tuh mampir baik sebelum, sedang maupun sesudah haid. Aneh juga ya? Bisa jadi karena faktor makanan mungkin ya, karena aku suka makan gorengan hehe.

  10. wah senang ya klo dapat obat totol jerawat yg ampuh gini
    before afternya terlihat sekali
    senang jika masalah jerawat bisa teratasi

  11. Baru nemuin obat totol jerawat dari bahan alami. Biasanya ada kandungan alkoholnya.
    Perlu dicoba nih, buat stok kalo muka lagi jerawatan.

    Bagus buat kulit sensitif juga pastinya.

  12. Wah obat jerawatnya ga ada kandungan alkoholnya ya? emang nggak enak ya, Mba kalau wajah sedar meradang dengan jerawat. Saya dulu merasakan, sampai ga ada tempat lagi buat jerawat di muka saya.

    Kalau ingridientnya selalu berganti itu pengaruh kah ke wajah kita. Karena kan obat itu cocokan ya.

  13. Wah aman untuk ibu hamil dan menyusui ya, adikku hamil tahun lalu sempat jerawatan tapi nggak berani pakai obat jerawat.. Sekarang dia lagi menyusui, aku info deh ke dia si Sensatia ini 🙂

  14. Ini tuh aku pengen nyobain loh, soalnya ada teman yang juga merekomendasikan pakai Sensatia Botanicals tapi aku belum beli juga karena masih cari reviewnya.

  15. wah kece nih kayanya produknya sensatia botanicals yang iniiii.. kayanya aku perlu juga nih buat mengatasi jerawat jerawat yang muncul pas lagi mau haid. huhu. makasi infonya ya makmir

  16. Merawat jerawat yang meradang itu butuh ketelatenan kalau ga tambah bengkak dan bekasnya susah hilang. Aku paling males kalo pas jerawatnya besar tangannya pengen nyungkil jerawat aja. Butuh salep totl jerawat nih di rumah

  17. Helena says:

    Sensatia Botanicals termasuk brand yang aman buat bumil busui yaa. Ku pikir dari luar lho ternyata made in Bali.
    Aku sendiri belum pernah coba, katanya harga produknya termasuk tinggi ya walau emang cocok di kulit.

  18. Pernah pakai brand ini, dan cocok sih alhamdulillah.

  19. Aku suka banget sama brand Botanicals.
    Tapi baru tau kalau ada obat untuk jerawat.
    Alhamdulillah, cocok yaa..

    Ilmu banget, karena ada ragam jerawat yang harus dipahami.

  20. Pas banget deh lagi nyari obat jerawat yang ga pake drama
    Makasih infonya Mbak
    Langsung tak forward ke adek

  21. jerawat emang selalu bikin bete ya mbak. aku tuh dari SMP sampai udah jadi emak2 masih aja jerawatan. dan obat jerawat menjadi salah satu yang selalu tersedia di rumah

  22. wah banyak review positif dari Sensatia ya, jadi pengen coba 😀

  23. Indah Juli says:

    Aku kalau jerawatan itu malah seperti bengkak, jadi bikin wajah seperti bengep, dan bisa satu mingguan itu jerawat bertengger di wajah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: