Financial, Techno

Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik di Era Digital

Bulan Maret sudah hampir berakhir, artinya sebentar lagi aku harus bersiap membuat laporan akhir tahun untuk kantorku yang menetapkan tahun fiskal dari April hingga Maret. Selain itu, sebagai wajib pajak, aku juga harus lapor SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) pajak yang dateline-nya akhir Maret ini. Jadi kebayang kan bakal seribet apa kerjaanku nanti?. Untungnya saat ini sudah bisa lapor SPT secara online melalui efiling. Lalu bagaimana dengan pembuatan laporan akhir tahun perusahaan yang prosesnya lebih ribet dan detail? Tentu kondisi seperti ini membutuhkan pihak ketiga yaitu jasa konsultan pajak dan jasa konsultan akuntansi terbaik untuk membantu. Nah di postingan kali ini aku mau sharing mengenai kedua pekerjaan tersebut di era digital.

Mengenal Konsultan Pajak dan Akuntansi

Menurut Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014, Konsultan Pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Di dalam sebuah bisnis proses, konsultan pajak merupakan pihak ketiga yang memberikan layanan kepada perusahaan (baik skala kecil maupun besar), dalam hal yang terkait dengan perhitungan hingga pelaporan pajak. Sedangkan konsultan akuntansi memiliki fungsi untuk mengaudit keuangan perusahaan, seperti cash flow, perhitungan laba rugi, dan lainnya untuk menghasilkan pembukuan perusahaan hingga menjadi laporan keuangan yang siap digunakan.

Kriteria Menjadi Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik

  1. Memiliki Sertifikat dan Izin Praktek
    Memilih jasa konsultan pajak wajib banget sudah memiliki sertifikat yang dikeluarkan dari Panitia Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Pajak oleh Kementrian Keuangan dan mendapat izin praktek dari Dirjen Pajak. Sedangkan untu jasa konsultan akuntansi sudah terdaftar sebagai anggota Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) sebagai lembaga profesional yang diakui pemerintah.
  2. Memiliki Track Record yang Baik
    Konsultan pajak yang baik akan memilih untuk melakukan penghindaran pajak (Tax Avoidance) secara legal, bukan pengelakkan pajak (Tax Evasion) yang ilegal. Apabila menemukan konsultan pajak yang menawarkan jasa pengelakkan, pengemplangan, dan penggelapan pajak, maka jangan menerima tawaran tersebut. Sebab mempunyai resiko yang besar. Jika tindakan tersebut diketahui, maka akan ada resiko berupa sanksi yang harus ditanggung.
  3. Memiliki Komitmen Tinggi
    Konsultan pajak dan akuntansi harus mempunyai komitmen akan menjaga kerahasiaan atau privasi dari kliennya dengan baik. Dalam hal ini, hal utama yang diandalkan adalah kepercayaan untuk menjaga data perusahaan agar tidak disebarkan untuk hal yang tidak semestinya.
  4. Memiliki Sistem Kerja yang Baik
    Pada umumnya konsultan pajak dan akuntasi serta Kantor Akuntan Publik (KAP) menggunakan excel sebagai kertas kerja dalam pengecekan laporan keuangan dan laporan pajak klien. Selama ini, kertas kerja berbasis excel ini memang memudahkan mereka dalam mengolah data dan menyimpan database Chart of Account (COA) dari masing-masing perusahaan yang ditangani. Nah kalau klien yang dibantu hanya 1 atau masih dihitung dengan jari, tentu masih bisa dikerjakan dengan baik dalam waktu yang disepakati.  Namun, jika jumlah klien yang ditangani bertambah, tentu konsultan pajak dan akuntansi perlu memiliki sistem yang baik. Di era digital seperti ini diperlukan teknologi pengolahan data yang dapat membantu kinerja jasa konsultan pajak dan akunting seperti menggunakan software sistem ERP dari SystemEver yang memiliki produk system AccountTax Service.

Apa itu SystemEver?

SystemEver merupakan Sistem Cloud ERP milik Younglimwon Soft Lab Co., Ltd.,  suatu perusahan teknologi terkemuka di Asia yang telah beroperasi sejak 1993 di Korea Selatan. ERP (Enterprise resource planning) itu sendiri merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan beberapa bisnis proses seperti sistem inventory management, sistem penjualan, sistem keuangan dan lain-lain dalam satu software. Nah, SystemEver menawarkan sistem ERP berbasis Cloud yang lebih mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga proses kerja lebih efektif dan efisien. Selain itu, keunggulan SystemEver sebagai software Could ERP adalah dapat diakses dimanapun, kapanpun dan menggunakan. Berdasarkan kemampuan dan fitur yang dimiliki, SystemEver sangat cocok untuk Small Medium Enterprises atau UKM (Usaha Kecil Menengah). Untuk lebih menjelaskan apa itu SystemEver bisa lihat video dibawah ini.

Pada 2017, Younglimwon menghadirkan SystemEver i-Series yaitu software sistem ERP yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku bisnis di Indonesia dengan skala medium enterprise atau UKM. SystemEver memiliki 3 layanan yang siap menjadi solusi perusahaan di Indonesia, yaitu :

  • SystemEver i1-AccounTax Service, yang dapat membantu jasa konsultan pajak dan akuntansi dalam melakukan service kepada kliennya.
  • SystemEver i5-Sales/Distribution, yang dapat membantu perusahaan trader atau distributor dalam mengelola bisnisnya.
  • SystemEver i7-Manufaktur, yang dapat memudahkan manajemen mengelola bisnis produksi.

Fitur SystemEver i1-AccounTax Service

Guna membantu para penyedia jasa konsultan pajak dan akuntansi terbaik dalam proses kerja, produk i1 dari SystemEver memiliki beberapa fitur unggulan, antara lain:

a.      Visual-K Process Map

Visual-K Process Map merupakan halaman proses kerja yang harus dilakukan oleh pengguna SystemEver. Semua pekerjaan dari divisi terkait akan tampak pada satu halaman ini dan dapat diubah menyesuaikan alur/proses yang dilakukan dalam setiap perusahaan. Jadi pengguna tidak perlu lagi membuka atau menutup file untuk menyelesaikan pekerjaan. Dalam Visual-K Process Map ini, alur kerja manajemen menjadi lebih teratur, sistematis, nyaman dilihat dan mudah digunakan. Bagi leader atau pemilik perusahaan bisa lebih mudah mengontrol alur kerja yang tengah berjalan.

b.      Journal Batch Upload

Merupakan fitur khusus untuk produk i1 – AccounTax Service, yang akan memudahkan konsultan pajak dan akuntansi untuk melakukan upload data klien. Anda hanya perlu 1x upload data dalam jumlah banyak.

Bisnis Proses Produk SytemEver i1-AccounTax Service

Produk SystemEver i1 – AccounTax Service ini sangat memudahkan konsultan pajak dan akuntansi untuk melakukan pengecekan laporan keuangan klien melalui beberapa proses yang telah disiapkan khusus.

Cara kerja SystemEver i1 – AccounTax cukup mudah yaitu dengan melakukan upload data klien ke dalam SystemEver, maka konsultan pajak dan akunting dapat melakukan pengecekan jurnal dan kesesuaian angka-angka pada laporan keuangan klien berdasarkan aturan berlaku dengan cepat dan mudah.

Produk i1 – AccounTax Service SystemEver juga menyediakan beragam laporan keuangan yang dibutuhkan untuk klien-klien Anda dan membantu Anda dalam memberikan jasa secara maksimal kepada klien Anda.

Keunggulan produk i1 – AccounTax Service SystemEver Bagi Konsultan Pajak dan Akuntansi

1.      Navigasi Visual dengan “Visual-K Process Map”

Dengan navigasi berdasarkan visual proses atau “Visual-K Process Map” yang diulas sebelumnya,  pengguna dapat melihat tahapan pekerjaan yang sedang dikerjakan. Cukup klik dua kali dan pengguna akan diarahkan langsung ke halaman proses yang diinginkan.

2.      Mengurangi Kesalahan oleh Manusia (Human Error)

Dengan fitur Journal Batch Upload data klien, pengguna dapat mengurangi kemungkinan kesalahan input sehingga dapat meningkatkan efisiensi kinerja dari perusahaan konsultan pajak dan akuntansi.

3.      Tidak Membutuhkan Modal Besar untuk Sistem ERP

Berbeda dengan system ERP on premise, SystemEver sebagai Cloud ERP tidak memerlukan server ataupun jaringan lain yang perlu dibeli oleh perusahaan. Cukup bergabung dalam program Partnership SystemEver, konsultan pajak dan akuntansi dapat segera menggunakan produk i1 ini.

4.      Real-time Data Sharing dan Keamanan Data Terjamin

Dengan menggunakan teknologi Azure, keamanan data klien akan terjaga dengan baik. Data ini pun dapat diakses secara real-time sekaligus.

5.      Dapat Diakses Di Mana Saja dan Kapan Saja

Dalam era work from home seperti saat ini, menggunakan produk i1 dari SystemEver akan sangat membantu perusahaan konsultan pajak dan akuntansi dalam bekerja. Karena dengan produk i1 ini, dapat diakses di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan, tanpa perlu datang ke kantor.

6.      Dapat Membuat Monthly VAT Closing Secara Otomatis

Dengan proses Monthly VAT Closing dari i1 – AccounTax Service SystemEver ini, Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekan dan juga rekonsilasi PPN Masukan dan Keluaran dan memudahkan proses pelaporan pajak klien setiap bulannya.

So bagi kalian yang bergerak di bidang konsultan pajak dan akuntansi, maka produk i1 – AccounTax Service dari SystemEver ini solusi yang disarankan untuk dipakai dalam memenuhi permintaan klien. Karena sesuai yang sudah dijelaskan di atas bahwa software ini sangat membantu untuk proses kerja yang lebih efektif dan efisien serta dapat menarik klien yang lebih banyak dari sebelumnya. Sehingga menjadikan usaha kalian dibidang jasa konsultasi pajak dan akunting menjadi yang terbaik di era digital seperti saat ini.

Semoga postingan ini bermanfaat !

Source :

https://systemever.co.id/

https://pajak.go.id/index.php/id/sertifikasi-konsultan-pajak#:~:text=Sertifikat%20Konsultan%20Pajak%20adalah%20surat,yang%20dibentuk%20oleh%20Menteri%20Keuangan.

 

(25) Comments

  1. sebulan ini aku belajar input faktur pajak untuk invoice yang dikirim ke client heheh… alhamdulillah belajar lagi ilmu baru

  2. Wah, ilmu baru nih. Selama ini belum pernah ngurusin masalah pajak. Biasanya suami yang urus soalnya, hehehe.

  3. Emang suka pusing kalo ngurusin pajak yah, untung ada Accoun Tax Service System Ever yang bisa bantuin kita yang suka pening duluan kalo disuruh ngiitung hehe

  4. Baru tahu mengenai AccounTax Service dari SystemEver ini, tentunya pasti bermanfaat ya buat urus-urusin soal pajak. Aku pernah kerja di bagian Finance dulu banget, salah satu kerjaannya adalah mengenai pajak, so challenging pada saat itu, haha

  5. Saya suka pusing deh kalau urusan beginian. Tetapi, membaca artikel ini kayaknya akan membantu banget. Biar jadi lebih mudah mengerjakannya

  6. Menarik ini makin banyak pilihan jasa konsultan pajak dan akuntansi. Bisa jadi pilihan nih buat usaha temen.

  7. Iya pakai konsultan pajak memudahkan pekerjaan kita ya nggak pusing dengan penghitungannya apalagi ada aplikasinya memudahkan wajib pajak..

  8. Harus teliti juga memilih Konsultan pajak yang seperti harapan. Dulu saat masih kerja, aku gak bisa bantu suami jadi urusan pajak dipegang konsultan pajak yg juga temannya. Tapi ternyata kurang mampu memenuhi harapan, enggak lapor misal ada masalah. Sekarang aku pegang sendiri untuk wajib pajak pribadi, yang CV udah dihentikan operasional nya.

    Kalo menggunakan konsultan pajak yang kompeten, dan didukung aplikasi yang memudahkan menghitung pajak untuk perusahaan, tentu terbantu banget. Dan suami gak perlu juga menutup CV nya

  9. untuk usaha kecil sekalipun penting banget nih paham akuntansi perpajakannya..jd AccounTax Service dari SystemEver bakal berguna banget… utk isi SPT tiap tahun dr e filling aja aku masih bingung aja hahaha apalagi klo pajak utk usaha ya

  10. Tiga layanan SystemEver ini terintegrasi jadi satu atau terpisah sesuai kebutuhan perusahaan/industri mbak?

  11. Soal pajak memang bikin pusing ya. Dan ini terjadi hampir setiap tahun pas harus laporan SPT. Untung ada jasa konsultan pajak dan akutansi seperti ini ya. Sangat memudahkan pastinya..

  12. Urusan perpajakan emang cukup ribet, khususnya untuk pajak perusahaan. Harus betul2 dihitung dg cermat supaya pelaporannya juga tdk ada salah. Tapi kalau sudah ada jasa konsultan pajak udah ngga ribet lagii. 😀

  13. Infonya kayaknya bakal aku rekomendasiin buat suami deh. Biar dia nggak pusing lagi mikirin urusan pajak.

  14. Menurutku jasa konsultan pajak itu penting banget dilhat track recordnya. gimanapun juga namanya urusan soal uang mau gak mau kita harus lebih selektif dan teliti ya. Nemu postingan ini enlighten banget deh

  15. Temanku ada tuh yang jadi konsultan pajak, harus sekolah & dapatin sertifikatnya dulu ya ternyata. Banyak yang pakai sistep ERP ya untuk aplikasi pajak yang memudahkan perusahaan

  16. Kebantu banget nih dengan adanya Systemever..Makin komplit ya layanannya.. Bisa sebagai konsultan pajak dan akuntansi juga…

  17. Pernah ikuti sosialisasinya dan saya senang dapat insight soal sistem manajemen perusahaan secanggih ini

  18. layanan SystemEver ini sangat membantu untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan secara lebih accountable. Kebayang kan klo urusan pajak yang variabelnya komplek, dihitng manual, rentan terjadi kesalahan dan bisa berakibat fatal tentunya.

  19. Wah, buat UKM yang mau naik level dengan membuat laporan keuangan maupun pajak lebih akurat bisa pakai SystemEver i1 – AccounTax, ya.

    Berarti sistem ini menjembatani antara perusahaan dengan konsultan pajak dengan biaya yang lebih terjangkau.

  20. Pusing pasti yaa….menginput data pajak ini.
    Beruntung sudah berkenalan dengan SytemEver i1-AccounTax Service. Meski sepertinya ribetnya mah tetep yaah… Tapi banyak pekerjaan menjadi lebih ringan.

  21. niaharyanto says:

    Zaman semakin canggih ya. Makin banyak aja aplikasi dan software yang memudahkan pekerjaan. Pastinya ini lebih efektif Dan efisien

  22. Damar Aisyah says:

    Wah, baru baca hari ini, padahal kemarin-kemarin riweh mau ngisi data-data pajak. Tapi gpp lah, jadi tahu buat next lebih baik pakai software begini. Ya namanya bukan orang akuntansi, puyeng juga kalau udah waktunya laporan pajak.

  23. Wah aku kebayang ribetnya laporan pajak. Untung bisa pakai jasa konsultan pajak ya. Kalo nanti aku jadi buka apotek mau ah pakai SystemEver seperti nya semua jadi lebih mudah.

  24. Hihihi aku soal pajak pusing dah, sering gak paham. Waktu masih kerja kantor aja yg urusin

  25. Mantul kak informasinya

Leave a Reply

%d bloggers like this: