Financial

Memahami Lebih Dalam Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah: Keunggulan dan Manfaatnya

Harta yang paling berharga adalah keluarga

Istana yang paling indah adalah keluarga

Sepenggal lirik lagu yang dalam maknanya, setuju atau tidak bahwa keluarga merupakan unsur penting bagi kehidupan seseorang? Merekalah yang selalu ada untuk kita dalam suka dan duka. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan melindungi keluarga, termasuk dari segi finansial sedini mungkin.

Flashback masa laluku yang ditinggal meninggal ayah saat masih bayi membuatku sadar untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Takdir memang tidak bisa diubah karena aku yakin bahwa tidak satupun orang yang mengharapkan musibah. Qadarullah adalah ungkapan yang pas untuk itu. Beruntungnya aku memiliki ibu yang super tegar sebagai single parent yang bekerja sekaligus mengajariku sehari-hari. Sehingga aku bisa terus bersekolah dengan beasiswa dari SD bahkan sampai kuliah sehingga aku bisa menyisihkan uang untuk kebutuhan lainnya, bisa dibilang aku pun jadi melek finansial dari kecil.

Beranjak dari pengalaman itu, aku dan suami juga lebih berhati-hati untuk menjaga diri terlebih ketika sudah memiliki anak. Salah satu elemen dalam pengaturan keuangan tidak hanya bagaimana mendapatkan uang dan menyimpannya, ada juga unsur proteksi atau perlindungan terhadap ketidakstabilan finansial. Bukan sekedar perlindungan uang tapi lebih kepada memberikan rasa aman dan menjaga Impian mereka tetap terwujud. Yup, selalu ada ikhtiar yang bisa dilakukan selain qadarullah atas segala musibah yang ada.

Proteksi Asuransi Syariah sebagai Langkah Bijak dalam Perencanaan Keuangan

Dalam perencanaan keuangan terutama yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan stabilitas finansial sebisa mungkin kita memilih yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Dalam ikhtiar melindungi diri dan keluarga dari ketidakpastian, asuransi syariah menawarkan solusi yang mengikuti aturan syariat Islam. Keberadaannya tidak hanya memberikan jaminan perlindungan finansial, tetapi juga memberikan ketenangan atas transaksi yang dilakukan tetap sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang melarang riba (bunga), unsur spekulasi, dan investasi dalam bisnis yang diharamkan.

Tips memilih asuransi syariah

Tips Dalam Memilih Asuransi Syariah:

  1. Memahami Manfaat dan Ketentuan Produk Asuransi

Tinjau secara mendalam manfaat dan ketentuan yang diberikan oleh produk asuransi Syariah yang ditawarkan. Pastikan bahwa perlindungan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan situasi finansialmu.

  1. Evaluasi Keandalan dan Reputasi Perusahaan Asuransi

Pertimbangkan keandalan perusahaan asuransi sebagai faktor utama dalam pemilihan. Tinjau reputasi perusahaan, termasuk lama berdirinya perusahaan dan penilaian dari lembaga keuangan yang terpercaya. 

  1. Tinjau Track Record Perusahaan.

Carilah informasi terkait track record seperti investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi. Pastikan dana yang dikelola dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah. Selain itu juga informasi dari yang sudah menerima manfaat.

Memilih asuransi syariah membutuhkan penelitian yang cermat dan evaluasi yang matang karena akan dilakukan untuk periode jangka panjang demi masa depan keluarga. Salah satu di antara berbagai produk asuransi Syariah yang tersedia, Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah bisa menjadi pilihan yang memiliki manfaat dan keunggulan sebagai asuransi jiwa Syariah yang telah memiliki rekam jejak yang cukup berpengalaman.

Kenapa PRUAnugerah Syariah Patut Dipertimbangkan?


PRUAnugerah Syariah adalah produk asuransi jiwa syariah dari PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah). Produk ini merupakan produk asuransi tradisional syariah yang hadir untuk membantu pengelolaan peninggalan yang amanah bagi keluarga tercinta. Prudential Syariah menawarkan rangkaian solusi perlindungan jiwa, Kesehatan, dan finansial berbasis syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang.

Produk ini bisa dikatakan sebagai Asuransi Jiwa Syariah Seumur Hidup karena masa kepesertaannya hingga usia yang diasuransikan mencapai 120 tahun. Mencerminkan respons terhadap kebutuhan akan perlindungan yang berkelanjutan di tengah meningkatnya kesadaran akan pentingnya mempersiapkan masa depan yang stabil dan terjamin melalui proteksi Asuransi Syariah.

Manfaat asuransi syariah

Manfaat Utama PRUAnugerah Syariah

  1. Manfaat Dana Usia Mapan yang diproyeksikan hingga 100% dari total kontribusi yang akan dibayarkan sekaligus*. Dengan dana ini, Peserta Yang Diasuransikan dapat tetap memenuhi kebutuhan keluarga, menyiapkan masa pensiun, dan membantu mewujudkan gaya hidup yang ingin dicapai
  2. Perlindungan hingga usia 120 tahun meskipun Manfaat Dana Usia Mapan telah dibayarkan*
  3.  Santunan Asuransi hingga 150% sejak awal Manfaat ini dapat digunakan sebagai peninggalan  jika terjadi risiko meninggal dunia
  4. Santunan Meninggal Akibat Kecelakaan hingga 350%* jika terjadi kecelakaan dalam periode mudik lebaran idulfitri serta perjalanan ibadah umrah dan haji
  5. Manfaat Bebas Kontribusi apabila Peserta Yang Diasuransikan terdiagnosis 1 dari 60 kondisi penyakit kritis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis
  6. Hemat kontribusi hingga 50%
  7. Fleksibilitas Pilihan Pembayaran dengan periode pembayaran 5, 10, atau 15 tahun, untuk mempersiapkan dana peninggalan dan bentuk perencanaan finansial jangka panjang dalam masa produktif.
  8. Tersedia Layanan Wakaf sehingga sebagian manfaat santunan asuransi dapat diwakafkan (maksimal 45% dari total santunan asuransi dan maksimal 33% dari Manfaat Dana Usia Mapan) untuk mencapai hidup yang lebih berkah

*Syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan Polis

Selain manfaat utama dari produk asuransi jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah, ada pula kemudahan dalam mengajukan klaim yaitu dengan mendownload formulir yang sudah tersedia online lalu mengisinya serta melengkapi berkas pendukung untuk disubmit secara online dan juga secara langsung baik melalui pos ataupun agen. Jangka waktu pengajuannya cukup panjang yaitu 3 bulan terhitung sejak peserta yang diasuransikan meninggal dunia atau mengalami kondisi kronis. Manfaatnya akan dibayarkan selambat-lambatnya 30 hari sejak pengajuan klaim disetujui oleh Prudential Syariah.

Ilustrasi Produk Asuransi Syariah PruAnugerah

Perlindungan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Well, perlindungan dan investasi memainkan peran penting dalam menyiapkan keberlangsungan hidup yang lebih baik. Pengalaman di masa lalu membuatku menghadapi tantangan keuangan atau bisa dikatakan sebagai ketidakpastian finansial padahal aku terbilang belum cukup usia alis masih kecil. Hal inilah yang menjadikanku lebih memahami perlunya mempersiapkan masa depan yang lebih baik terutama untuk anak-anakku tercinta, Nurani dan Adinda. 

Melalui asuransi jiwa Syariah seperti PRUAnugerah Syariah, para orang tua sepertiku memiliki kesempatan untuk memberikan perlindungan yang komprehensif dan sesuai prinsip syariah, terlebih perlindungan dari risiko tak terduga. Hal ini perlu dilakukan semata-mata sebagai bentuk kasih sayang serta ikhtiar untuk menciptakan dana yang dapat digunakan untuk keperluan pendidikan anak-anak atau memberikan pondasi finansial yang kokoh bagi masa depan mereka.

Asuransi Jiwa Syariah PruAnugerah

Semoga kita dan keluarga senantiasa dalam perlindungan Allah SWT dan sebagai orang tua tentu harapan terbesar kita bisa membersamai anak-anak bertumbuh hingga besar nantinya. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang PRUAnugerah Syariah, bisa ke website official di https://www.prudentialsyariah.co.id/id/life/pruanugerah-syariah/ atau kunjungi social media Prudential Syariah  di @prudentialsyariahindonesia

(16) Comments

  1. Saya sebenarnya sudah lama dikenalin dengan PRU ini tetapi baru tahu ada PRUAnugerah
    Jadi pengen ke kantornya deh tanya lebih detil lagi setelah baca ini

  2. Setujuu banget mbaaa
    asuransi memang super penting bagi tiap kluarga ya.
    ibaratnya, kudu sedia payung seblm hujan

    1. Rasanya sekarang ini punya asuransi itu jadi kewajiban ya mbk, sedia payung sebelum hujan. Menarik sekali ini ada asuransi seumur hidup sampai usia 120 tahun. Makasih banyak infonya mbk

  3. Menurutku sekarang ini memiliki asuransi itu seperti kewajiban, karena ini bagian dari melindungi diri dan keluarga. Cocok juga ini asuransi syariah PRUAnugerah untuk kita-kita gini ya.

  4. Berarti bayar premi terus sampe usia 120 tahun apa gimana mak? Soalnya asuransi seumur hidup

  5. Firsty Ukhti Molyndi says:

    lengkap banget nih mbak penjelasannya. mau nanya kalo kita udah pake asuransi pru yang non syariah bisa pindah ke syariah gak mbak?

  6. Memang ya, ekonomi syariah saat ini membuat kita melek yang serba syariah, termasuk asuransi berlandasan syariah seperti Pruanugerah ini, makasih ya infonya, Mak

  7. Memiliki asuransi syariah seperti PRUAnugerah ini bagus ya, dengan banyak manfaat sedia payung sebelum hujan. Bisa sampai usai 120 tahun malah bayar preminya. Pembayaran bisa dipilih 5 tahun, 10 atau 15 dst disesuaikan dengan kebutuhan.

  8. Panjang sekali rentangnya ya, PRUAnugerah Syariah, hingga usia 120 tahun. Semoga kita semua panjang umur ya mbak

  9. Prudential sudah dikenal sejak lama. Dengan adanya Pru-Syariah, bisa jadi pilihan bagi teman-teman yang menghendaki sistem syariah. Asuransi memang penting sekali, seperti sedia payung sebelum hujan. Sayang, adanya kasus2 dalam asuransi membuat membuat banyak orang masih enggan ber-asuransi.

  10. Dari membaca banyak manfaat yang diperoleh dari Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah, yang paling terasa adalah Perlindungan hingga usia 120 tahun meskipun Manfaat Dana Usia Mapan telah dibayarkan.

    Masa usianya yang lumayan panjang ini bisa memberikan ketenangan tersendiri ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan pada usia senja.

  11. Menarik mbak kami juga tengah mempertimbangkan asuransi syariah ini untuk proteksi, minimal kepala keluarga atau pencari nafkah utama lha ya yang wajib punya.
    Ternyata bisa dicairkan di usia maoan, tetapi tetep terproteksi terus yaa, terima kasih infonya.

  12. salah satu produk asuransi syariah yang dikeluarkan prudential yah mbak mirna? bisa jadi salah satu alternatif saudara muslim yang mencari asuransi syariah

  13. Asuransi memang sangat dibutuhkan untuk perlindungan. Tapi proses klaimnya jangan berbelit-belit ya. Apalagi asuransi syariah, tentunya mengedepankan prinsip syariah. Bukan keuntungan semata.

  14. Sai Muslim says:

    Perlu banget untuk mendaftarkan diri ke asuransi Syariah apalagi di masa tua kita nanti sangat membutuhkan untuk biaya kesehatan dan juga untuk menemani kita kalau kita jauh dari anak

  15. Program Asuransi syariah bagus juga yah mba apalagi bisa menerima banyak manfaat, lagi pertimbangin buat ambil asuransinya

Leave a Reply

%d bloggers like this: